Tips dan Trik Kampanye Online Caleg di Pemilu 2024
Tips dan Trik Kampanye Online Caleg di Pemilu 2024
Jum'at, 11 Agustus 2023 13:41 WIB | 3.508 views

Kampanye online bisa dikatakan, salah satu dampak dari adanya perubahan dari zaman tradisional ke zaman serba digital. Beberapa tahun yang lalu, para caleg akan berbondong-bondong mengocek kantong sedalam-dalamnya untuk melakukan promosi agar keberadaannya dapat diakui masyarakat. Kampanye online menjadi pilihan yang tepat sekaligus solusi terbaik untuk para caleg.

Dilansir dari laman RECTmedia, kita akan mengetahui lebih dalam tentang bagaimana cara mempromosikan caleg ke masyarakat melalui kampanye online serta tips untuk menyukseskannya. Setidaknya ada 4 poin penting yang harus kita perhatikan dan cermati. Mari kita bahas semua poin hingga tuntas!


1. Bukan Sekadar Posting Tapi Harus Ada Branding

Kampanye online yang baik adalah yang bukan hanya sekadar memposting kegiatan dan promosi untuk dipilih masyarakat saja. Tetapi membuat konten yang membranding pasangan caleg, mengemas setiap nilai dan ciri khas yang melekat pada para caleg ke dalam sebuah postingan. 

Penting bagi Anda untuk mengetahui kesan apa yang ingin ditunjukkan kepada masyarakat melalui postingan kampanye online. Nilai apa yang bisa diingat oleh masyarakat terkait dengan kandidat mulai dari sifat, karakter, latar belakang, hingga lingkaran sosial. Dengan memberikan informasi-informasi tersebut, masyarakat akan jauh lebih mengenal sebetulnya siapa calon pemimpin mereka dan dapat mempertimbangkan apakah kandidat tersebut bisa menjadi orang yang dia pilih atau tidak. Ibaratnya dengan cara ini masyarakat bisa berkenalan tanpa berjabat tangan.

Ada beberapa cara efektif meningkatkan personal branding yang bisa dilakukan oleh para calon legislatif, di antaranya: 

  • Membuat konten harian di Facebook dan Instagram

  • Membuat video promosi pendek di Tik Tok

  • Memposting video promosi, vlog atau dokumentasi kegiatan di Youtube



2. Sampaikan Informasi Kampanye Secara Tepat dan Menarik

Ada baiknya, informasi kampanye online dikemas sesuai dengan kesukaan dari para pengguna. 

Contoh sederhananya seperti ini, pengguna Facebook biasanya lebih tertarik dengan gambar dan tulisan sementara pengguna Instagram juga mengemas informasi dari media gambar menjadi video pendek yang sedang populer. Begitu pula dengan Tik Tok dan Youtube yang merupakan media sosial berbasis video, pengguna kedua media sosial ini sudah pasti memiliki kebiasaan menonton sebuah video. Bentuk video promosi yang menarik, informatif dan unik akan menjadi nilai plus dan menarik banyak pengunjung. Dengan adanya penyesuaian ini, informasi kampanye dapat diterima dengan mudah dan senang hati oleh semua orang.


3. Konsistensi Jadi Kunci dan Bisa Mempengaruhi

Salah satu cara untuk bisa mempengaruhi dan menimbulkan persepsi adalah dengan konsistensi. Jika ingin dinilai sebagai orang yang rendah hati, maka sering-sering mengadakan kampanye untuk berbagi dengan sesama. Walaupun mungkin di kenyataan tidak sebaik hati itu tetapi karena orang itu sering membagikan dokumentasi berbagi, tentunya pemikiran orang baik akan ada di benak publik. Jadi sepenting itu sebuah konsistensi.


4. Memaksimalkan Iklan dan Membuat Website Caleg

Dengan teknologi canggih masa kini, Anda dapat dengan mudah membuat iklan secara langsung melalui akun media sosial kita sendiri. Salah satu contohnya adalah Instagram.

Ada berbagai macam bentuk iklan yang dapat kita buat di Instagram, di antaranya iklan yang menampilkan foto dan video, iklan berbentuk slideshow, carousel dan masih banyak lainnya. Setiap iklan yang kita buat ini bisa ditampilkan secara fleksibel ke semua fitur Instagram, seperti Instagram Feed, Explore, Stories, IG TV maupun Reels.

Tidak hanya di Instagram, Anda juga bisa membuat iklan promosi untuk caleg di platform media sosial lain seperti Facebook, Tik Tok, Youtube hingga Google.

Selain beriklan, Anda juga bisa memanfaatkan website. Dengan website, Anda dapat membuat sebuah wadah informasi yang utuh untuk pasangan caleg. Website memudahkan masyarakat mencari tahu informasi, berita dan dokumentasi kegiatan caleg yang sudah dilakukan.


Keuntungan lain jika para kandidat caleg memiliki website kurang lebih sebagai berikut:

  • Meningkatkan kredibilitas pasangan caleg

  • Menjalin hubungan komunikasi secara online dengan pengikut

  • Sebagai sarana dokumentasi kegiatan atau portofolio caleg


Apakah Anda sudah paham langkah-langkah yang bisa dilakukan agar kampanye online dapat berhasil dan maksimal. Dari 4 tips kampanye online yang sudah dijelaskan diatas, kira-kira tips mana yang menurut Anda paling menarik? Apakah ada tips yang ingin langsung Anda terapkan? Semoga artikel ini bermanfaat ya!



Berikan Komentar Via Facebook