4 Langkah untuk Memperkuat Semangat Nasionalisme pada Generasi Muda Indonesia
4 Langkah untuk Memperkuat Semangat Nasionalisme pada Generasi Muda Indonesia
Selasa, 14 November 2023 13:08 WIB | 2.371 views
Menunjukkan semangat nasionalisme seharusnya tidak terbatas pada upacara semata, tetapi lebih baik diwujudkan melalui tindakan nyata. Oleh karena itu, penting untuk mendorong cara-cara yang dapat meningkatkan nasionalisme pada generasi muda Indonesia.

Lalu, apa saja langkah yang dapat diambil oleh generasi muda Indonesia untuk meningkatkan rasa nasionalisme dalam diri mereka? Simak penjelasannya di bawah ini!


Langkah Meningkatkan Nasionalisme pada Generasi Muda 

Armaidy Armawi dalam bukunya berjudul "Nasionalisme dalam Dinamika Ketahanan Nasional" menjelaskan bahwa nasionalisme adalah suatu pandangan hidup yang menyatakan bahwa kesetiaan atau loyalitas tertinggi seorang individu seharusnya dipersembahkan kepada bangsa dan negara (nation state). Dengan demikian, dibutuhkan suatu ikatan emosional yang kuat terhadap tanah air.


Berikut adalah beberapa langkah untuk meningkatkan semangat nasionalisme yang dapat dilakukan dilansir dari laman Kumparan:

1. Memahami Ragam Budaya di Indonesia
Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia kaya akan keberagaman budaya yang sarat dengan nilai sejarah. Oleh karena itu, generasi muda seharusnya mengenal dan melestarikan keberagaman budaya ini, terutama budaya di daerah tempat mereka tinggal, agar kebudayaan tersebut tidak punah, diakui, atau dirampas oleh bangsa lain.

2. Mendukung Produk Dalam Negeri
Produk dalam negeri memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk impor. Bahkan, produk dalam negeri cenderung memiliki kualitas yang lebih baik. Oleh karena itu, generasi muda harus mendukung dan menghargai produk dalam negeri. Mendorong untuk lebih sering membeli produk lokal dapat meningkatkan rasa percaya diri terhadap produk dalam negeri.

3. Memperlajari Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan kewarganegaraan perlu menjadi bagian dari pembelajaran generasi muda agar mereka dapat menjadi warga negara yang baik. Ini melibatkan pemahaman tentang hukum dan tata kewarganegaraan, yang dapat secara signifikan meningkatkan semangat nasionalisme dalam diri mereka. Pendidikan kewarganegaraan bukan hanya tanggung jawab sekolah, tetapi juga keluarga dan masyarakat.

4. Mengunjungi Museum Sejarah
Di Indonesia, terdapat banyak museum sejarah yang menyimpan berbagai kisah perjuangan dalam memperoleh dan mempertahankan kemerdekaan. Oleh karena itu, generasi muda seharusnya aktif mengunjungi museum-museum ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan, untuk mengambil teladan dari jasa mereka, dan untuk memupuk semangat nasionalisme.


Demikianlah beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan semangat nasionalisme pada generasi muda. Semoga informasi ini bermanfaat!


(Foto/Gambar: Ilustrasi nasionalisme/Pexels)


Berikan Komentar Via Facebook