Bekerjasama dengan KPU dan Kominfo, Pos Indonesia Mengeluarkan Prangko Seri Pemilu 2024
Bekerjasama dengan KPU dan Kominfo, Pos Indonesia Mengeluarkan Prangko Seri Pemilu 2024
Selasa, 05 Desember 2023 13:33 WIB | 164 views

Menyambut Pesta Demokrasi, PT Pos Indonesia memperkenalkan Seri Prangko Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 Menuju Indonesia Emas.

Seri prangko ini adalah hasil inisiatif dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Pos Indonesia.

Dalam seri ini, terdapat tiga desain, yaitu Maskot Sura Sulu, Bangunan KPU dengan Bendera Parpol, dan Jari Kelingking Celup Tinta Ungu. Ketiga desain ini dibuat berdasarkan tema utama Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

Melalui tema ini, diharapkan penyelenggara, peserta, dan pihak-pihak terkait dapat mewujudkan Pemilu yang damai, demokratis, dan berintegritas.

Pemilihan tema ini didasarkan pada kesadaran bahwa Pemilu atau Pilkada adalah arena konflik yang sah dan legal dalam upaya meraih atau mempertahankan kekuasaan. Perbedaan pilihan politik adalah bagian alami dari proses demokrasi. Namun, perbedaan tersebut tidak boleh memecah belah bangsa.


Dikutip KabarBUMN.com dari posindonesia.co.id pada Ahad (3/12/2023), detail terkait masing-masing desain prangko seri Pemilu 2024 adalah sebagai berikut:

1. Desain Maskot Sura Sulu
Pemilu 2024 memilih sepasang Jalak Bali sebagai maskot, melambangkan suara pemilih. Pasangan ini menggambarkan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki hak yang setara untuk memilih. Nama "Sura" berasal dari singkatan 'Suara Rakyat,' yang melambangkan laki-laki, sementara "Sulu" merupakan akronim dari Suara Pemilu, melambangkan perempuan.

2. Desain Bangunan KPU dengan Bendera Parpol
Gedung KPU menjadi saksi bisu dalam perhelatan politik Indonesia dan merupakan bangunan bersejarah. Bendera merupakan representasi partai politik yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Desain ini menggambarkan kondisi sebenarnya Gedung KPU dengan 18 bendera Parpol yang berjejer di depannya.

3. Desain Jari Kelingking Celup Tinta Ungu
Desain ini menjadi simbol bagi pemilih yang telah menggunakan hak suaranya. Ini mencerminkan kejujuran pemilih dalam menggunakan hak pilihnya sekali. Desain ini juga menampilkan peta wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


(Foto/Gambar: Prangko Pemilihan Umum Tahun 2024/kpu.go.id)



Berikan Komentar Via Facebook