Doa Malam Lailatul Qadar dan Waktu Pelaksanaannya
Doa Malam Lailatul Qadar dan Waktu Pelaksanaannya
Selasa, 02 April 2024 20:24 WIB | 277 views

Sudah sampai pada hari ke-20 bulan Ramadhan. Dini hari nanti, umat Muslim akan menunaikan shalat lailatul qadar di hari ke-21 Ramadhan. Setelah shalat, disarankan untuk membaca doa malam lailatul qadar.

Malam lailatul qadar adalah malam yang sangat istimewa dan penuh berkah di bulan Ramadhan. Bahkan, malam tersebut disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, sebagaimana yang disebutkan dalam Alquran.


???????? ????????? ?? ?????? ????? ?????? ???????

"Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan." (QS. Al Qadr: 3)

Waktu datangnya malam lailatul qadar terletak pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Sebagaimana yang disampaikan dalam hadits:


Dari Aisyah Radhiyallahu 'anha berkata: "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam beriktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan bersabda, 'Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan." (HR. Bukhari dan Muslim)


Malam lailatul qadar berada pada tanggal-tanggal ganjil dalam 10 malam terakhir bulan Ramadhan, yaitu pada tanggal 21, 23, 25, dan 27. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits:

“Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengabarkan kepada kami tentang Lailatul Qadar, beliau bersabda: dia (Lailatul Qadar) di bulan Ramadhan di puluhan yang akhir yaitu malam 21, 23, 25, 27 atau malam 29, atau di akhir malam Ramadhan. Barang siapa bangun untuk beribadah pada malam itu karena iman dan mengharap ridho Allah, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.” (HR. Ahmad)


Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar

Saat tiba malam lailatul qadar, umat Muslim disarankan untuk melaksanakan shalat malam dan membaca doa. Berikut adalah bacaan doa malam lailatul qadar lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya:


?????????? ?????? ??????? ??????? ???????? ?????? ??????

Allahumma innaka 'afuwwun tu?ibbul 'afwa fa'fu 'anni' 

"Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku."


Demikianlah informasi mengenai doa malam lailatul qadar beserta waktu pelaksanaannya dan dalilnya. Semoga bermanfaat!

(Foto/Gambar: Ilustrasi Lailatul Qadar/Dok. berbagai sumber/iStockphoto)



Berikan Komentar Via Facebook